Apa itu Tether (cryptocurrency)?Apa itu Tether (cryptocurrency)?

Apa itu Tether (cryptocurrency)? –  Tether, juga dikenal sebagai USDT, adalah salah satu cryptocurrency paling populer dan stabil saat ini. Dalam dunia blockchain, Tether memiliki peran yang unik, karena nilainya terkait langsung dengan mata uang dunia nyata, yaitu dolar Amerika Serikat. Dengan ini, Tether dapat dianggap sebagai Stablecoin, karena nilainya tetap stabil.

Tether dikembangkan dengan tujuan memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi di dunia cryptocurrency. Saat menggunakan Tether, Anda dapat memanfaatkan stabilitas dolar AS tanpa harus berurusan dengan fluktuasi harga yang umum terjadi di pasar cryptocurrency. Tether juga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan cepat dan dengan biaya rendah di seluruh dunia.

Tether didasarkan pada teknologi blockchain yang sama seperti cryptocurrency lainnya. Namun, yang membedakan Tether adalah nilainya yang terikat dengan mata uang fiat, yaitu dolar AS. Setiap Tether yang diterbitkan harus didukung oleh dolar AS yang sesuai secara keseluruhan, dan Tether Limited, perusahaan di balik Tether, mengklaim bahwa mereka memiliki cadangan dolar AS yang mencukupi untuk menjamin setiap Tether yang beredar.

Proses pembuatan Tether melibatkan pertukaran mata uang fiat dengan Tether di platform yang mendukungnya. Setelah Tether dibeli, mata uang fiat yang setara dipegang oleh Tether Limited sebagai cadangan. Ini memastikan bahwa setiap Tether yang beredar dijamin oleh mata uang fiat yang sesuai, sehingga menciptakan stabilitas nilai Tether.

Perbedaan antara Tether dan Cryptocurrency Lainnya

Salah satu perbedaan utama antara Tether dan cryptocurrency lainnya adalah nilainya yang stabil. Sebagian besar cryptocurrency, seperti Bitcoin dan Ethereum, dikenal karena fluktuasi nilai yang signifikan. Tether, di sisi lain, dirancang untuk memiliki nilai yang tetap terkait dengan dolar AS.

Selain itu, Tether juga menawarkan kemudahan penggunaan. Dalam banyak kasus, pengguna tidak perlu memahami teknisitas yang terkait dengan cryptocurrency untuk menggunakan Tether. Pengguna hanya perlu memiliki dompet digital yang mendukung Tether dan dapat langsung memulai melakukan transaksi dengan stabilitas nilai dolar AS.

Tether juga memiliki peran penting dalam perdagangan dan investasi cryptocurrency. Karena nilainya yang stabil, banyak orang menggunakan Tether untuk melindungi nilai aset digital mereka saat pasar cryptocurrency mengalami fluktuasi yang signifikan. Dengan menukar cryptocurrency lainnya ke Tether, mereka dapat menghindari kerugian yang mungkin terjadi saat nilai cryptocurrency lainnya turun.

Selain itu, Tether juga digunakan sebagai sarana konversi antara cryptocurrency berbeda. Dalam banyak platform perdagangan cryptocurrency, Tether digunakan sebagai alternatif yang stabil untuk mata uang lokal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berdagang antara cryptocurrency tanpa harus terlibat dalam volatilitas nilai yang tinggi. Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *